MERASAKAN SENSASI BERENANG DI BUNAKEN NYA KLATEN

Hasil gambar untuk umbul ponggok     Obyek Wisata Air Umbul Ponggok – Sensasi Snorkeling di Air Tawar

Umbul ponggok merupakan salah satu destinasi wisata air yang menjadi unggulan kabupaten klaten. Area umbul ini berada di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Wisata air Umbul Ponggok ini sering disebut sebagainya taman air Bunaken nya Klaten namun airnya air tawar. Karena di umbul ponggok ini pengunjung bisa melakukan kegiatan atau ativitas snorkling maupun diving seperti yang biasa dilakukan di laut namun disini berbeda karena airnya tawar. Snorkling ini para pengunjung akan ditemani oleh berbagai jenis ikan yang cantik – cantik dan beragam warna, selain itu juga beberapa properti seperti sepeda motor, ayunan, meja dan laptop serta masih banyak lagi yang ingin mengabadikan moment di dalam air bersama dengan para ikan.

Sebelum setenar saat ini umbul ponggok sebenarnya sudah menunjukkan keunikannya, selain yang sudah disebutkan diatas ada juga keunikan lain dari umbul ponggok ini yaitu airnya yang sangat jernih dan terdapat pohon gayam yang akar pohonnya dapat menampung air cukup banyak. Sehingga debit air dalam umbul ponggok akan terasa stabil. Serta juga didalam kolam terdapat sumber mata air sehingga terkadang terlihat gelembung – gelembung air yang muncul kepermukaan, dan hal itu terlihat indah dan unik. Baru beberapa tahun yang lalu umbul ponggok menjadi sangat ramai dikunjungi karena banyak orang yang mengupload keunikan keunikan umbul ponggok sehingga masyarakat menjadi penasaran dan tertarik untuk datang ke umbul ponggo tersebut.

Sampai saat ini pengelola umbul ponggok terus melakukan pembenahan tempat, sehingga saat ini telah banyak fasilitas yang ada diumbul ponggok, seperti kamar mandi yang mewadai, mushola, alat – alat snorkling, pelampung, laminating handphon untuk yang mau berselfie ria dibawah air. Bagi pengunjung yang membawa anak jangan khawatir karena pengelola umbul ponggok telah menyiapkan kolam renang khusus untuk anak anak.

Untuk biaya masuk Umbul Ponggok ini sangat murah yakni:

Rp3000,00 untuk weekdays

Rp5000,00 untuk weekend/hari libur

Namun harga tersebut hanya harga tiket masuk belum termasuk sewa pelampung, alat snorkling, dan lain – lain.

Untuk akses menuju lokasi cukup mudah karena telah dibantu oleh petunjuk jalan yang ada disekitar jalan menuju lokasi. Jika dari arah Jogja – Solo lewat jalan raya nanti akan melewati sub terminal Penggung kalo dari arah Jogja lampu merah Penggung belok kiri namun jika dari arah Solo lampu merah belok kanan. Lalu lurus saja hingga bertemu dengan pertigaan lalu ambil kanan menuju ke arah Polanharjo atau OMAC(Umbul Mata Air Cokro).  Untuk menuju lokasi tidak ada kendaraan umum sehingga saya menyarankan untuk menggunnakan kendaraan pribadi.

website yang menjadi acuan:

Obyek Wisata Air Umbul Ponggok – Sensasi Snorkeling di Air Tawar

https://www.google.co.id/search?q=umbul+ponggok&biw=1366&bih=643&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwizl-r8_ubOAhUEK48KHbJcCrkQ_AUIBigB#imgrc=_

Leave a comment